Beberapa hari yang lalu, laptop temen di Kantor MTs Al-Manar terkena virus. Semua program yang terinfeksi virus itu jadi tidak berfungsi. Sebagai guru TIK, aku mendapat kepercayaan dari beliau untuk “mengatasi” masalah itu. Walaupun sebenarnya aku sendiri belum punya laptop, namun itung-itung tambah ilmu dari pengalaman, aku bersedia membantunya.
Wah…berurusan dengan windows memang susah. Selain karena banyaknya serangan virus, efek samping darinya pun tidak kalah memusingkan. Dalam kasus ini, karena virus sudah menyerang sampai ke file-file program, ya terpaksa dengan berat hati, harus diinstall ulang. Setelah berhasil diinstal ulang pun, masih terdapat beberapa driver bawaan yang belum terinstall…. 
Yang paling memusingkan adalah menginstal driver wifi….
Pake CD driver bawaannya pun masih belum mampu membuat fasilitas yang satu ini berhasil diaktifkan…terpaksa cari referensi lain di mr.google….

Setelah beberapa waktu, ketemu juga, dan aku mulai download drivernya dalam bentuk zip di alamat web mediafire. Setelah tersedot dan kuekstrak dan install…eh..ini juga belum sukses setelah kuinstall..pada device drivernya tetap tertera “network controllers” dengan tanda seru di sampingnya…. Berarti driver ini juga belum cocok. Heh…pusing juga.
Akhirnya aku coba liat di stiker sebelah bawah laptop dan mencari seri yang tepat. Di situ tertulis Atheros AR5B91. mulai deh aku coba gooling dengan keyword “Atheros AR5B91”. Ketemu juga akhirnya di alamat: websitenya atheros. Setelah baca-baca penjelasan yang ditaruh di sana (dalam bahasa inggris) akhirnya kutemukan kenapa beberapa driver yang telah kudownload gagal menjalankan tugasnya. Terhanyata….masalahnya terletak di file .inf. karena file yang disertakan justru dipakai untuk menginstal device yang sama sekali lain. Pantas… 
Kali ini aku berharap benar-benar menemukan yang tepat… (semoga pilihanku benar-benar tepat) kupilih pada bagian XP 32 Bit dan klik link download di sebelah bawah…. Filenya bernama xp32-7.6.0.239-whql.zip. besarnya hanya 386kb. Setelah file zip tersebut terdownload kuekstrak ke lokasi tertentu.
Nah…setelah terkestrak, ternyata hasilnya tiga file ini:

athw.sys
netathw.cat
netathw.inf

Masalah selanjutnya adalah instalasi driver. Karena tidak ada file eksekusinya (.exe) maka sepertinya instalasi harus dilakukan manual melalui update device driver. Klik kanan My Computer di desktop> pilih properties> pilih Hardware> pilih Device Manager. Pada bagian device driver, klik kanan bagian network controllers >properties>update driver>arahkan ke lokasi ekstraksi file tadi. (jangan menggunakan fasilitas otomatis)
System akan mendeteksi Atheros AR5891 Wireless Network Adapter. Dan jika berhasil maka tanda seru pada device tersebut akan hilang.
Demikian. semoga bermanfaat…. amiiin.🙂