Membuat Buku Sendiri-Mencetak Selembar Kertas dengan Dua Halaman

1265845835
Sumber: http://edukasi.kompas.com

Berbekal dari pengalamanku PKL di Andi Offset, dulu sekitar tahun 2002, aku tertarik untuk membuat buku sendiri. Kalau di percetakan, mereka memiliki kertas kalkir yang digunakan sebagai film untuk mencetak halaman-halaman buku, maka yang dapat digunakan dengan berbekal printer biasa adalah satu lembar kertas ukuran F4 atau A4 (aku memakai F4). Jika dalam percetakan, selembar kertas kalkir dapat berisi lebih dari 4 halaman buku, maka dengan menggunakan kertas F4 maksimal ya…Cuma 2 halaman buku. Itu pun penyusunannya tidak diurutkan sesuai nomor halaman. Tapi berdasarkan pasangan halaman muka dan belakang. Sebagai contoh; jika kertas pertama berisi halaman 1, maka halaman yang mendampinginya adalah halaman terakhir buku, untuk kertas kedua yang berisi halaman 2, maka halaman yang mendampinginya adalah halaman kedua sebelum terakhir dari buku. Itu jika buku yang kita buat tidak bolak-balik. Jika bolak balik nyetaknya, tambah pusing lagi aku… (mungkin ada teman-teman yang tahu caranya, mohon sharing pengetahuannya ya… J )

Naah…Suatu saat aku ditugasi oleh Kepala Sekolah MTs Al-Manar Bener, yang saat itu masih Bapak Hidayat untuk membuat buku Album Kenangan bagi para siswa kelas 9. Karena umumnya percetakan mensyaratkan kuota minimal jumlah buku (umumnya 100 buah), maka terpaksa buku itu dibuat dengan difotokopi. Hanya kovernya saja yang dicetak berwarna. Selain itu, lembaran-lembaran hasil kopian itu kemudian distaples bagian tengahnya (tidak direkatkan dengan lem/sistem jilid). Walhasil, aku harus membuat sebuah halaman F4 yang berisi empat buah halaman. Seperti kalau kita beli buku tulis, menomorinya dari nomor 1 hingga nomor terakhir halaman. Kemudian melepas stapler yang ada di tengah buku….tara….kita akan mendapatkan selembar kertas panjang dengan kombinasi 4 nomor bolak-balik. Tentunya kombinasi ini berbeda jika jumlah halaman bukunya berbeda. Disitulah kesulitannya….hehehe…mpe sekarang belum ketemu rumusnya. Seperti memecahkan teka-teki aja… L

Yang bisa kulakukan adalah bagaimana mencetak dalam sebuah kertas F4 berisi dua halaman dengan nomor halaman urut, memberi bingkai halaman. Setelah kucetak, kertas itu kupotong jadi dua, baru kemudian mencari pasangan halaman tengahnya (halaman tengah ini nanti yang menjadi acuan, karena ia berurutan.) yang paling penting, saat mengatur halaman, maka margin yang dipilih adalah mirror margin (akan dijelaskan di bawah ini bagaimana cara penggunaannya). Setelah halaman tengahnya ketemu, baru dipasangkan dengan selotip potongan-potongan halaman itu hingga terbentuk empat halaman yang ditempel menjadi satu lembar kertas berukuran F4, secara bolak-balik…hehehe…memang memusingkan. Tapi bagaimana lagi???

Nah, langkah pengaturan halaman dan pencetakannya sebagai berikut:

  1. Pengaturan halaman
    1. File>Page Setup>Margin

      Pada bagian Pages, pilih Mirror margins>OK

    2. File>Page Setup>Paper . Ubah panjang dan lebar kertas untuk ukuran setengah halaman F4 (folio); Width = 16,5 cm Height = 21,5 cm> OK
    3. Atur penomoran halaman; insert>page number>OK
    4. Permanis dengan page border; Format>border and shading>page border>Art; klik pada drobdown menunya, pilih salah satu jenis border.>OK
  2. Cara Pencetakan
    1. Mencetak dokumen. File>print>

      Atur bagian pages per sheet menjadi ; 2 pages, dan atur bagian scale to paper size menjadi ; F4

    2. OK

Setelah ini, maka komputer akan memerintahkan printer untuk mencetak dokumen kita ke dalam satu lembar F4 (folio) yang berisi masing-masing 2 halaman. Demikianlah…semoga pengalaman ini berguna bagi siapa pun yang ingin membuat buku sendiri.

Iklan

21 Comments Add yours

  1. ummu alyabila berkata:

    wahhhh..info yang menarik..kebetulan saya juga mengalami hal serupa…membuat buku sendiri.. tapi saya tidak menggunakan mirror margins… Caranya saya manual sekali..
    pertama page setupnya saya buat landscape, kemudian saya buat 2 kolom di format->columns. kalau 24 halaman berarti saya memerlukan 12 lembar kertas (1 kertas 2 halaman) ini kalau dipotokopi…kalau cetak bukunya lewat print maka saya memerlukan 6 lembar kertas (1 kertas bolak balik 4 halaman),,,memang lebih mudahnya isi halamannya kelipatan 4, agar pas….dan lebih enak untuk buku dengan jumlah hlaman yg sedikit…klo bnyk repot juga ngitungnya…
    itung-itungan halamanny pake kira-kira,bisa dari buku tulis atau kertas yg dilipat..
    hal 24 – hal 1
    22 – 3
    20 – 5
    18 – 7
    16 – 9
    14 – 11

    untuk baliknya
    hal 2 – hal 23
    4 – 21
    6 – 19
    8 – 17
    10 -15
    12 – 13
    pokoknya lawan-lawanan hal ganjil-ma genap
    kalau ada buku tulis nganggur lebih enak,coret coretan disitu…>_<…
    ini cara purba banget sihhh…tapi untuk dana minim dan waktu mepet.cukup efektip…terus diprint pake kertas A4….hasilnya digabungin dilipat jadi 2.bikin cover…staples.jadi deh…..
    hehe

    1. sanusi berkata:

      jika anda menggunakan Microsoft Word 1997 -2003 : File – Page Setup – Margin : pada pilihan multiple pages, pilih bookfold.
      Jika anda menggunakan Microsoft 2007 pilih Page Layout – Margin -Custom margin : pada pilihan multiple pages, pilih bookfold.
      Usahakan halamannya merupakan kelipatan 4, agar tidak ada halaman kosong.
      Pada waktu mencetaknya, agar halaman tercetak pada kertas bolak-balik, gunakan pilihan manual duplex.

      1. faturmaster berkata:

        wah…thank’s ya gan sarannya sangat membantu.

    2. faturmaster berkata:

      sekarang ini semua memang sudah mulai diotomatisasi. Wah…terima kasih sudah sharing. Sayang belum sempat mencoba. Buat teman-teman yang sudah pernah nyoba PagesHierarciMaker buatan bang Purnomo ditunggu review-nya.

  2. tobi berkata:

    mas minta tolong gmn caranya bikin buku sendiri??

    “Naah…Suatu saat aku ditugasi oleh Kepala Sekolah MTs Al-Manar Bener, yang saat itu masih Bapak Hidayat untuk membuat buku Album Kenangan bagi para siswa kelas 9. Karena umumnya percetakan mensyaratkan kuota minimal jumlah buku (umumnya 100 buah), maka terpaksa buku itu dibuat dengan difotokopi. Hanya kovernya saja yang dicetak berwarna. Selain itu, lembaran-lembaran hasil kopian itu kemudian distaples bagian tengahnya (tidak direkatkan dengan lem/sistem jilid). Walhasil, aku harus membuat sebuah halaman F4 yang berisi empat buah halaman. Seperti kalau kita beli buku tulis, menomorinya dari nomor 1 hingga nomor terakhir halaman. Kemudian melepas stapler yang ada di tengah buku….tara….kita akan mendapatkan selembar kertas panjang dengan kombinasi 4 nomor bolak-balik. Tentunya kombinasi ini berbeda jika jumlah halaman bukunya berbeda. Disitulah kesulitannya….hehehe…mpe sekarang belum ketemu rumusnya. Seperti memecahkan teka-teki aja… L”

    ini yg saya perlukan …..
    minimal gmn caranya 1 lembar bisa jadi 2 page , dan ada nomor halamannya.
    karena saya coba koq header dan footer nya masih jadi 1 page.

    klo sdh bisa tolong kirim ke email saya tobi.sidharta@gmail.com

    thx

  3. wildan muhlis berkata:

    mencetak dengan format seperti buku dinamakan booklet printing, untuk melakukannya di microsoft word, masuk pada dialog page setup, pilih tab margins lalu pada bagian pages di bagian Multiple Pages pilih opsi Book Fold. susunannya akan tetap terlihat berurutan tapi pada saat pencetakan, hasilnya akan seperti yang diinginkan.
    cara ini akan memerlukan pengaturan ulang isi dokumen. cara lainnya adalah dengan merubah terlebih dahulu dokumen menjadi bentuk pdf. dengan memanfaatkan fasilitas di adobe reader kita bisa mencetak kedalam bentuk booklet, caranya:

    print dokumen (Ctrl+P) atau file->print
    pada page scaling(di bagian page handling) pilih opsi Booklet Printing lalu klik ok.

    cara lainnya dengan menggunakan aplikasi CocoaBooklet
    ini link downloadnya
    http://osx.iusethis.com/app/download/cocoabooklet

  4. zaenuri berkata:

    terima kasih infonya.

  5. pemalaskayabahagia berkata:

    cara paling gampang potong dulu kertasnya jadi dua. trus ngetiknya pake mode lay out mirror. ngeprintnya ubah ukuran kertas custom margin sesuaikan dg kertas yg dah dipotong tadi. print dulu hal ganjil. selanjutnya balik kertas dan print hal genap. jadi deh. lgsung urut. bolak-balik

  6. frans berkata:

    asik gan , saya jaditahu skrg caranya…mumpung lagi ada yg mesen buku saya nih….memulai usaha nyetak modul bntuk buku ,,thanks bngt

    1. faturmaster berkata:

      siiip, seneng bisa bantu agan…semoga bisnisnya lancar ya.

  7. waluyo berkata:

    boleh nih bagi2 pengalaman… ak cm punya 1 laptop dan 1 printer canon 2770. tp ak dah pegang order 5 sekolah smp/mts dan tk/sd untuk membuat buku kenangan. alhmdlh… untungnya bisa tuk tabungan

    1. faturmaster berkata:

      Bagus bro…terus kembangkan!

  8. Rhynie berkata:

    gan.. tw gak cara buat border tpi di dua colom??
    plis gan bantuannya

    1. faturmaster berkata:

      wah, setahuku tim Ms.Word belum masukin fasilitas itu. Dulu aku pernah ngotak-atik word untuk bisa buat border di masing-masing dua kolom and gagal. Sory, mungkin agan-agan laen tau caranya.

  9. Linda Hevira berkata:

    kalau buat buku pakai printer apa nggak luntur tintanya kena air?

    1. faturmaster berkata:

      Mohon maaf baru bisa saya reply, akhir-akhir ini sedang jarang online. Untuk tinta yang tidak luntur kena air, pilih printer yang menggunakan tinta berbasis minyak. Printer untuk tinta jenis ini banyak di pasaran. Yang paling penting, gunakan tinta yang berbasis minyak. Anda dapat menanyakannya di toko komputer langganan anda.

  10. Kiki Rizki berkata:

    Keren… thanks.. buat infonya… n_n

    1. faturmaster berkata:

      makasih…semoga membantu

  11. min , bisa minta tolong secepatnya dibalas gak ? kalo membuat notebook (bukucatatan ) sendiri gimana yaa ? kasih tau caranya donk 🙂 makasih sebelumnya

  12. hani rohani berkata:

    saya membuat cover buku menggunakan microsoft ofice power point,kira kira kalau di print berhasil gak ya

  13. ictransistor berkata:

    Reblogged this on ictransistor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s