Kemarin seorang temen pinjam hp Nokia3650 punyaku untuk dipakai sebagai modem laptop kantor. Ia ingin mencari informasi mengenai sertifikasi guru. Selain itu memang banyak guru lain yang minta dicarikan iformasi mengenai sertifikasi di internet. Maklum, guru jaman sekarang dituntut untuk aktif mencari informasi sendiri. Departemen Agama Kabupaten Semarang sering lambat dalam hal info beginian (jadi kasian dengan guru swasta kayak aku ini ya….).

Setelah kuatur koneksi hp lewat bluetooth dengan komputer, lalu dengan dial-up connection kuhubungkan laptop dengan jaringan global internet. Kutinggal dia berselancar ria sendirian karena aku ada jam mengajar. Jam 12.00 baru selesai tugas mengajar, aku istirahat di kantor dan siap-siap shalat berjamaah di masjid yang ada di depan kantor….(maklum, kompleks pesantren…), sekolah dan masjid menjadi satu kesatuan.

Usai shalat, kulihat ia sudah nangkring di atas Megapro-nya, tak sempat pamit. Aku ingat bahwa tadi hp ada di dia untuk koneksi internet, sempat khawatir kalau kebawa dia, langsung kubuang pikiran negatif itu dan kukatakan dalam hati; “coba cek di kantor, kemungkinan besar hp ada di sana”. Ternyata benar, hp ada di meja kerjanya , masih terhubung dengan charger. Segera kuambil, dan kupencet tombol menu… lho… koq ada 1 sms masuk, jangan-jangan sudah lama, jika penting, kasihan yang kirim sms baru aku buka. File itu adalah love.rm, pikirku itu adalah file multimedia yang dapat diputar dengan real one player di hpku. Setelah kupencet tombol open, yang muncul bukan seperti yang kuharapkan, namun justru modus instalasi software. Bodohnya lagi, modus instalasi itu kuturuti saja hingga selesai (hehehe…pengelaman jelek nih, jangan ditiru ya, hanya karena penasaran soalnya…. Jadinya berabe). Kucari ikon program di menu koq nggak ada???….lho…jangan-jangan….

Kekhawatiranku benar…..hahahaha… ternyata aku barus aja mengijinkan virus membuat kerajaannya di hpku….tapi saat itu aku masih belum tahu, efeknya…. Semuanya mulai jelas setelah aku kirim sebuah sms untuk kasih kabar mama… J (bukan ibu kandung sih…tapi beliau telah mengajarkan banyak sekali hal baik padaku…dan telah membuatku menjadi lebih baik dari kemarin…semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan mama…amiiin), bahwa aku mau pulang. Sms terkirim, aku cek di kotak sent item, memang ada laporan di sana. Tapi tiba-tiba mataku terbelalak kaget bukan main, karena ternyata ada 3 buah mms yang ngekor di belakang sms barusan. Iseng kucoba buka laporan mms terkirim itu, walah…nggak bisa dibuka. Reaksiku tak terduga, hahaha…….tertawa (semoga nggak da yang liat saat itu, nanti dikira orang kuwar lagi…kurang waras).

Jelas sudah….efeknya baru kerasa, ternyata ia bakalan ngirim mms tiap kali kita kirim sms ke sebuah nomor, dan tak tanggung-tanggung, ia bakalan kirim 2 atau 3 buah mms, gimana kantong bisa bertahan kalau gini. Jahat banget sih ngelakuin orang, emang GTT gajinya berapa? Buat ongkos aja kurang, masih dikuras pulsa yang tak seberapa….(ssst….tadi Cuma isi 5 ribu soalnya :-D) <<alhamdulillah jadi GTT, coba lihat orang lain yang harus minta-minta untuk sesuap nasi.>>

Yang tambah bikin sebel, bahkan kalau kita nerima sms pun, ia akan membalas dengan mengirim mms yang serupa…weleh..weleh…. bener-bener kurang (bel)ajar tuh birus. Guru juga dikerjain….. tapi ada juga yang bikin ketawa, tau nggak? Layanan laporan pengisian pulsa dari Mtronik pun dia bales dengan mms…hehehe…emang nyampe? Kataku dalam hati…hatiku bersorak saat di layar muncul pesan message sending failed!
Tapi pulsa udah terlanjut tinggal 2000 perak…. J

Naah…sampai di hal paling penting….(maaf, legi pengin curhat, jadi kebanyaken J ) bagaimana cara ngilanginnya? Sebenarnya bisa aja setting mms kita hapus, jadi ia nggak bakalan bisa nyedot pulsa kita, tapi tetep aja menghapus item-item di outbox itu merupakan hal yang menjengkelkan. Jadi kukira kita setuju kalau tu virus dihapus aja.

Awalnya kukira dengan install antivirus itu cukup, ternyata walaupun udah kuinstall Kaspersky Anti Virus Mobile, dan KAV udah bisa detek lalu hapus itu virus, masalah belum selesai saat kutes kirim sebuah sms ke seorang temen. Tetep aja ada pesen message sending failed! Setelah pesan terkirim. Wah….bandel nih virus. Sepertinya ia berjalan di background. Yah…terpaksa cari software task manager untuk kill tu process agar bisa di del pake SeleQ. Segera saja kubuka portal dengan Dorris Browser hp, googling, ketik keyword Download Task Manager Nokia 3650. Tara… muncullah sederet hasil. Kupilih satu software namanya AppMan setelah baca sedikit deskripsinya. Setelah beberapa kali klik, ketemu juga link downloadnya. Arahkan ke link tersebut hingga berubah menjadi berwarna merah>Select>Bookmarks>New Bookmark>Scroll ke bagian Address dan blok addressnya . mengkopinya dengan menekan tombol bergambar pensil di hp (sori…namanya lupa). Kemudian kubuka program Fget dan ku-paste link itu dan download filenya. Kuinstall di memory internal hp. Yah…walaupun cuma 15 day triall.

Kucoba liat file-file tidak wajar di hp dengan SeleQ. Ternyata di C:\SYSTEM\APPS\ ada sebuah file aneh; dhtuqbl.sis. tapi coba kuhapus tidak bisa. Kulihat di report kaspersky tertera nama virusnya adalah: Worm.SymbOS.Beselo.a

Di MMC juga ada file yang sama terletak di System\Apps. Kulepas MMC dan Scan di komputer dengan Antivir. Antivirus buatan dari http://www.free-av.com/ . Antivir mendeteksi virus itu sebagai SYMBOS/Beselo.C Symbian OS virus. Masalah di MMC selesai. Tinggal bagaimana cara menghapus virus di memori hp.

Singkatnya, cara menghapus virus itu di hp (nokia 3650) adalah sebagai berikut:

  1. Install SeleQ di memori hp
  2. Install antivirus KAV di memory hp
  3. Install AppMan di memori hp
  4. Scan MMC di komputer dengan Antivir
  5. Scan hp dengan KAV
  6. Buka AppMan, kill proses dari virus (cari aja proses yang mirip nama filenya: dhtuqbl.sis)
  7. Buka SeleQ, hapus file dhtuqbl.sis atau dhtuqbl.exe jika ada.
  8. Restart hp
  9. Selamat!!! Kamu telah menjadi Virus killer…. J

Kalau perlu, reset hp dengan kode *#7780# atau *#7370#