Tag

,

Setiap tahun 40.000 orang di Belanda terserang stroke. Setiap Orang memiliki kesempatan selama stroke untuk mendapatkan kehidupan (risiko seumur hidup) untuk pria dan wanita. Pada usia 55 probabilitas ini adalah sekitar 21 persen. Seringkali, stroke membawa masalah kesehatan sekunder lain seperti penyakit diabetes atau jantung. Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk mengurangi risiko stroke. Kami bawakan 13 tips untuk Anda di sini.

Makan banyak buah-buahan dan sayuran risiko

Dengan makan lebih dari lima porsi buah dan sayuran sehari yang direkomendasikan dapat mengurangi sampai dengan 26 persen resiko stroke (satu porsi adalah sekitar 100 gram atau semangkuk 200-250 ml).

Berolahraga secara teratur

Karena tidak aktif, seseorang berisiko terserang stroke hampir dua kali lipat. Tetapi bagi mereka olahraga intensif pada usia muda memiliki risiko lebih rendah terkena stroke di kemudian hari, meskipun faktor risiko lainnya seperti kelas sosial, merokok, konsumsi alkohol, riwayat keluarga, hipertensi dan diet perlu diperhatikan.

Menjaga berat badan yang sehat

Obesitas (kegemukan) itu sendiri merupakan faktor risiko untuk stroke dan juga berkontribusi untuk faktor risiko lain seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, dan apnea tidur obstruktif (di mana orang selama tidur selalu berhenti bernapas sementara). Kecuali pada indeks massa tubuh, Anda juga dapat melihat lingkar pinggang Anda. Yang terakhir ini tampaknya berhubungan secara independen dengan risiko stroke.

Kurangi alkohol Anda

Konsumsi Moderat alkohol (tidak lebih dari 2 minuman per hari) dapat melindungi terhadap stroke iskemik, sedangkan minum berat memiliki efek sebaliknya. Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsi alkohol.

Makanlah produk gandum

Wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu produk gandum per hari, memiliki risiko stroke 35 persen lebih rendah stroke daripada wanita yang tidak pernah makan gandum.

Makan lebih banyak “lemak baik”

Ikan kaya akan omega-3 dan mampu mencegah terhadap stroke, tetapi jika Anda prihatin tentang pencemaran merkuri, Anda bisa makan beberapa kenari setiap hari. Seperti biji rami, kedelai, minyak canola dan gandum yang kaya dengan lemak esensial omega-3 (asam alfa linolenat atau ALA). Tampak bahwa orang-orang dengan tingkat omega-3 yang tinggi dalam darah mempunyai risiko lebih rendah stroke. Hal ini berlaku bahkan untuk pria dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Ambil suplemen

Vitamin B dapat menurunkan kadar homosistein, korelasi dengan terjadinya stroke. Suplemen dengan vitamin B dosis rendah (1 mg asam folat (B11), 10 mg B6 dan B12 400 mcg) menunjukkan tingkat homocysteine berkurang secara signifikan dalam waktu enam minggu. Dalam studi lain menunjukkan bahwa risiko stroke setelah mengkonsumsi folat sebesar 18 persen lebih rendah, sementara kombinasi beta karoten, selenium, vitamin E, vitamin A dan seng mengurangi kematian akibat stroke hingga sebesar 29 persen.

Cobalah herbal

Bawang putih adalah Ginkgo biloba yang kuat dan sekaligus pengencer darah. Jahe dapat membantu, makan 5 gram jahe mentah setiap hari selama satu minggu mengakibatkan pengurangan 37 persen dari konten tromboksan, suatu zat yang meningkatkan pembekuan dalam darah.

Hindari Stress

Stres merupakan penyumbang utama untuk tekanan darah tinggi dan stroke. Qi gong, bentuk Cina kuno dari latihan dengan pikiran yang tenang, tubuh dan hati rileks, pernapasan halus, menurunkan tekanan darah dan mengurangi separuh risiko stroke. Dalam sebuah penyelidikan panjang menemukan bahwa hanya 19 persen orang yang secara teratur mengambil bagian dalam Qi gong mengalami kematian karena stroke, sangat jauh jika dibandingkan dengan 42 persen pada kelompok kontrol. Meditasi juga tampaknya bermanfaat.

Jaga Kesehatan Gusi

Orang dengan penyakit gusi parah memiliki dua kali risiko stroke.

Berjemur

Kurangnya vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam berbagai penyakit dan jantung. Ekspos kulit Anda selama 10-15 menit tiap hari pada matahari (tanpa tabir surya) untuk menjaga kadar vitamin D yang terbaik.

Jaga Kesehatan Paru-Paru

Kesehatan paru-paru, indikator yang baik dari risiko stroke. Perokok, Perokok pasif dan polusi udara luar merupakan penyebab yang konsisten dengan terjadinya stroke. Bagi Anda yang sudah tidak merokok, maka sejumlah tindakan lain untuk melindungi paru-paru dari zat-zat berbahaya berikut ini perlu anda lakukan:

  • Gunakan pengion pada pembersih udara di rumah dan mobil. Pengion mampu membawa partikel bermuatan negatif (atau ‘ion’ negatif) ke udara.
  • Ambil antioksidan seperti vitamin A, C dan E (vitamin A dalam bentuk beta karoten) untuk melawan radikal bebas.
  • Melacak bagaimana udara di daerah Anda. Cobalah untuk mengikuti pemantauan kualitas udara di daerah Anda (lihat www.lml.rivm.nl) Jika tingkat pencemaran tinggi, berusahalah untuk tidak bernafas cepat agar tidak banyak menghirup polusi lebih.

Sumber: Rekam Medis