Tag

, ,

Sariawan bagi sebagian orang mungkin hanya penyakit sepele. Namun tidak bagi orang yang sedang atau pernah terkena serangan sariawan seperti saya. Beberapa hal berikut ini mungkin dapat membantu bagi teman-teman yang sedang terkena sariawan.

Rajin Mengosok Gigi

Jadikan menggosok gigi sebagai agenda rutin Anda. Setiap selesai makan (3x sehari). Sebelum tidur. Bahkan pendidikan menggosok gigi sudah diajarkan melalui iklan. Apakah anda mau kalah dengan anak kecil?

Hindari Makanan Asam dan Pedas

Hal ini sebenarnya masih diragukan. Beberapa teman mengatakan bahwa sariawannya justru sembuh setelah rutin “menghukumnya” dengan makanan pedas. Jika kurang percaya, coba saja makan masakan pedas selama 3 hari. Apakah sariawan Anda berkurang? Jika tidak, jangan diteruskan.

Hindari rokok, dan alkohol

Rokok dan alkohol adalah dua hal yang berbahaya. Ditinjau dari sudut kedokteran manapun. Merokok mengakibatkan banyak penyakit dalam, begitu pula dengan alkohol. Sangat baik jika anda tidak mencoba untuk merokok dan minum alkohol. Atau bagi yang sudah, hentikan saja. Mulut adalah pintu pertama makanan, dan juga masuknya kuman penyakit. Jagalah dengan menghentikan rokok dan alkohol memasuki tubuh anda.

Hindari Gorengan

Jajanan berminyak seperti gorengan, dll kurang baik anda makan saat sariawan. Minyak hanya akan menambah penderitaan mulut anda karena kandungan minyaknya yang akan menjadi kurang bersahabat dengan mulut.

Keempat cara tersebut merupakan langkah awal untuk mengobati sariawan. JIka dengan langkah-langkah ini sariawan anda sembuh, syukurlah. Namun jika belum, lanjutkan dengan cara-cara selanjutnya:

Perbanyak Air Putih

Untuk meredakan rasa sakit akibat serangan sariawan, perbanyaklah minum air putih. Disamping itu, air putih baik untuk melancarkan proses metabolisme tubuh di saat sakit. Mengkonsumsi air putih dapat membantu penyembuhan karena tubuh memperoleh asupan energi internal secara lancar.

Gunakan Antiseptik

Perbesar kesempatan sembuh anda dengan menggunakan antiseptik kumur. Sariawan bisa terjadi karena kuman penyakit yang bersarang di mulut. Dengan berkumur, maka kuman-kuman penyebab sariawan akan mati.

Mycostatine serta Kenalog

Teteskan Mycostatine dan Oleskan Kenalog pada lesi atau luka sariawan. Mungkin akan terasa perih, tapi setelah itu terasa sedikit nyaman.

Apabila cara-cara di atas masih juga belum mampu menyembuhkan sariawan yang diderita, jangan segera putus asa. Gunakan beberapa senajata rahasia berikut:

Bersihkan karang gigi rutin

Karang gigi yang menempel di gigi bukan saja membuat pemandangan tidak sedap, bau tidak sedap, tapi juga sumber penyakit bagi gusi dan mulut. Bersihkan karang gigi di mulut secara rutin. Gunakan alat-alat yang nyaman bagi gigi dan gusi anda.

Asam Folat dan B Kompleks

Makanlah makanan yang mengandung asam folat dan B kompleks. Atau jika anda kesulitan mendapatkan makanan dengan kandungan gizi tersebut, belilah multivitamin. Saat ini telah banyak multivitamin yang mengandung Asam Folat dan B Kompleks. Peneltilian menemukan kekurangan Vitamin B dan Asam Folat adalah penyebab sariawan berkepanjangan.

Semoga Bermanfaat.