Tag

, ,

Menjadi pembicara di depan umum memang tidak mudah. Apalagi menjadi favorit. Untuk orang yang didaulat berbicara di depan umum untuk pertama kali bisa menjadi pengalaman seumur hidup. Agar pengalaman tersebut menjadi pengalaman baik yang diingat selamanya dan tentu saja menjadi pembicara favorit, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:

Persiapkan Kesehatan dan Mental

Berbicara di depan orang banyak bukanlah akhir dari segalanya. Justru itulah saat-saat kesuksesan anda menjelang. Nikmati dan sukuri bahwa Anda akan segera menjadi pembicara favorit. Yang paling penting adalah persiapkan kesehatan fisik anda. Jangan sampai saat waktunya tiba, anda harus urung tampil karena sakit.

Teliti Siapa Pendengar Anda

Sebelum anda beraksi di depan mereka, pembicara favorit yang bijak mengetahui siapa pendengar anda. Jangan sampai anda tidak tahu siapa yang mendengar pembicaraan anda. Itu akan seperti berjalan di tengah malam buta. Perhatikan komposisi jenis kelamin, umur, pekerjaan dan hal lain yang berkaitan dengan topik pembicaraan anda.

Persiapkan Materi

Materi adalah hal penting pagi pembicara favorit. Tanpa materi yang terstruktur, maka pembicaraan anda tidak fokus dan tidak jelas. Orang-orang tidak suka mendengar pembicaraan yang tidak jelas. Akan lebih baik jika anda mencatat poin-poin penting materi yang akan anda sampaikan. Ingat! hanya poin pentingnya saja.

Gaya Bicara, bukan Gaya Membaca

Salah satu kegunaan catatan penting adalah membimbing anda menjadi pembicara, bukan pembaca. Apa jadinya jika anda maju dengan membaca teks lengkap. Tentu akan seperti sambutan kepala kantor yang membosankan. Gunakan catatan pentingnya anda untuk “berbicara”, bukan “membaca”. Lihatlah sesekali saja saat anda lupa alur pembicaraan anda. Maka anda akan menjadi pembicara favorit.

Buang Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dalam bicara adalah pengulangan kata-kata tertentu yang tidak penting. Saya menyebutnya junk word. Ya, kata-kata sampah, yang tentu saja tidak difavoritkan. Ia tidak memiliki makna tapi membuat bosan pendengarnya. Kata-kata itu seperti: “ee…”, “mm…”, “daripada” dan lain sebainya. Anda akan dianggap tidak kompeten, kurang persiapan, dan yang paling parah menjengkelkan! Daripada menggunakan kata-kata seperti itu, berhentilah sejenak untuk memikirkan kalimat apa selanjutnya.

Anda Lebih Menarik dari Android!

Hindari nada-nada monoton. Anda lebih baik daripada Android yang anda punya. Semua pendengar dapat mengantuk bila mendengar anda berbicara dengan nada monoton. Nada monoton hanya pas didengar sesaat sebelum tidur. Pendengar dapat mengalihkan perhatiannya ke ponsel daripada mendengarkan anda.

Kontak Mata, Jangan Main Mata

Berikan perhatian ke pendengar. Gunakan kontak mata anda. Maksud saya tatap mata salah seorang pendengar selama….ya, kurang lebih 3 detik. Jangan lama-lama, karena anda akan dikira menantangnya berkelahi. Jangan kedipkan mata anda, karena anda akan dianggap tidak senonoh karena main mata. Berikan perhatian anda secukupnya saja, pancing keingin tahuan pendengar tentang apa lagi kalimat menarik dari anda.

Lemparkan Joke Anda

Menjadi pembicara memang berat, lebih berat lagi menjadi pendengar. Mereka berusaha keras memahami maksud pembicaraan anda. Ringankan beban anda dan beban mereka dengan joke atau guyonan segar anda. Dengan itu, mereka akan tersenyum dan kelelahan di wajah mereka sedikit kendor untuk bersiap mendengarkan anda lagi.

Jangan Suka Menyeret Kata, Alirkan Saja

Kata-kata yang terseret sama seperti mendengar bunyi gesekan besi di jalan raya. Berisik di hati dan menjengkelkan. Sungguh!. Hindari menyeret kata-kata seperti memanjangkan suku kata terakhir (sayaaa… anggap… dst). Ini hanya membuang-buang waktu. Maksud saya terlalu banyak waktu terbuang untuk jeda kata-kata dalam kalimat anda.

Hargai Pendengar Anda.

Hargai waktu mereka, usaha mereka mendengar anda, dan hargai masalah mereka. Tunjukkan penghargaan Anda kepada mereka. Setelah itu, Anda akan terkejut dengan besarnya penghargaan mereka pada anda. Sekali lagi, hargai pendengar anda. Itu kuncinya.

Yakinkan, bahwa “Ini penting bagi saya”

Buat pendengar anda benar-benar yakin bahwa apa yang akan anda sampaikan penting bagi mereka. Tidak didapat di tempat lain. Tidak diperoleh dari pembicara yang lain dan seterusnya. Selamat mencoba! Kabari saya setelah itu, saya ingin mendengar anda menjadi pembicara favorit.

download dalam bentuk .doc atau klik mirror ini.