Tag

, ,

Diklat prajabatan bisa menjadi momok bagi mereka yang belum pernah melaluinya. Tapi dapat menjadi kenangan indah tak terlupakan bagi yang telah melaluinya. Tapi bukan berarti akan selalu menjadi kenangan indah bila Anda tidak mempersiapkannya dengan baik. Alih-alih kenangan indah, justru menjadi suatu yang tak ingin dikenang selamanya. Nah, jika Anda sebagai CPNS yang hendak mengikuti prajab dan ingin membuat prajabatan nanti menjadi hal yang indah, persiapkanlah dengan baik persyaratan (administratif) berikut:

Syarat Administratif

  • Pas Photo Warna kualitas baik dan jelas. Pakaian atas putih lengan panjang. Latar belakang merah hati. Dasi hitam (pa), kupu-kupu (pi). Ukuran 4×6 dan Jumlah 6 lembar. Foto ini nantinya 3 lembar ditempel pada biodata. Sebaiknya gunakan jasa studio foto yang terpercaya.
  • Biodata peserta. Ketik biodata kamu, cetak rangkap 3 lalu ditempeli fotomu, tandatangani dan minta pengesahan Kepala Instansimu (biasanya sudah dibuatkan pejabat kepegawaian di kantormu). Jika ingin punya arsip, cetak rangkap 4.
  • Fotokopi SK CPNS dilegalisir oleh BKD sebanyak 3 lembar. Mintalah legalisir ke BKD seperlunya saja (3 lembar). Bermurah hatilah kepada yang membubuhi tanda tangan.
  • Surat Tugas dari Instansi bersangkutan dimana kamu kerja. Surat tugas biasanya juga dibuatkan pejabat kepegawaian di kantormu. Jika beliau sibuk dan tidak sempat, kamu bisa membantunya dengan mengetik dan mencetaknya sendiri. Lalu mintakan pengesahan Kepala Instansi kamu.
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah. Nah, ini yang biasanya agak menyita waktu, apalagi nyusu-nyusu. Biasanya harus antri dulu. Bersabarlah. Yang penting, minta surat keterangan di puskesmas, atau poliklinik yang ada dokter negerinya (ber NIP) dan jangan lupa bubuhi keterangan “untuk keperluan mengikuti prajabatan”.
  • Surat Bebas Tugas Kedinasan dari Kepala Unit Kerja kamu. Mengenai surat ini, tujuannya agar kamu tidak di interupsi saat menjalani prajab karena ada tugas-tugas kantor. Dengan adanya surat bebas tugas ini, kamu seharusnya dapat menjalani prajabatan dengan tenang.

Pakaian Saat Diklat

Kemeja putih lengan panjang, berdasi hitam (pa) dasi kupu-kupu (pi). Celana Hitam (pa), Rok Hitam (pi). Pakaian dan sepatu olahraga 2 stel. Persiapkan setidaknya 3 stel baju putih lengan panjang (lebih juga semakin baik). Di musim hujan seperti sekarang, cucian susah kering. Lebih baik pakai pakaian bersih dan kering daripada basah, apalagi pakaian kotor.

Diasramakan

Selama Diklat peserta diasramakan. Mungkin ini merupakan pengalaman menarik. Dengan diasramakan, kita bisa saling mengenal dan belajar bersosialisasi.

Tidak Bawa Mobil

Peserta tidak boleh bawah kendaraan roda 4. Dapat menimbulkan kecemburuan sosial. Bagi yang punya kendaraan roda 4, harap di museumkan sementara. Apalagi kendaraan roda tiga..hehehe…

Potong Rambut

Peserta Pria Rambut dipotong pendek. Peserta putri boleh berambut gondrong.🙂. Rambut gondrong kurang cocok dengan PNS, ntar dikira intel, lebih parah lagi preman…hehe…

Gratis Akomodasi dan Konsumsi

Biaya Diklat, Akomodasi, Konsumsi ditanggung panitia. Horeee…..