Tag

, ,

Mesin cuci saat ini telah menjadi perangkat yang banyak ditemukan di rumah. Namun, mesin cuci memiliki keterbatasan umur pakai, lebih-lebih apabila tidak dirawat dengan baik. Noda kotoran dan residu detergen adalah dua hal yang sering sekali muncul. Apalagi jika mesin cuci tidak diletakkan pada tempat yang bersih dan baik. Maka bagian luar mesin cuci akan terlihat kotor dan lusuh. Daripada berpikir mengganti mesin cuci dengan yang baru, alangkah lebih baik jika kita merawat mesin cuci yang sudah kita miliki. Mesin yang awet dan bekerja dengan baik akan menghemat pengeluaran untuk perbaikan atau servis.

Agar mesin cuci bertahan lama dan bekerja sebagaimana mestinya, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Aturlah setelah mesin cuci pada setelan pemuatan terbesar dan hidupkan mesin cuci. Atur temperatur air pada ukuran terpanas. Biarkan sampai seluruh tabung terisi penuh dengan air panas dan mesin cuci terguncang-guncang.
  2. Buka bagian penutup mesin cuci dan tambahkan 3-4 cangkir cuka putih dan 1/2 – 1 cangkir bakign soda ke dalam air. Hidupkan mesin beberapa saat hingga berguncang-guncang, matikan mesin kemudian. Lakukan cara ini beberapa jam dan biarkan prosesnya berjalan di dalam mesin.
  3. Hidupakan kembali mesin, biarkan proses pencucian selesai hingga mesin kering. Matikan mesin cuci.
  4. Angkat dispenser pelembut dan dispenser pemutih, jka mesin yang dimiliki hana satu. Cuci dengan komposisi air panas dan cuka 50:50.
  5. Bersihkan bagian dalam mesin dengan lap yang dibahasi dengan air dan cuka. Lap seluruh permukaan termasuk pisau motor mesin, pinggiran atas bak pencuci dan penutup mesin. Letakkan dispenser pelembut dan pencuci dan penutup mesin ke tempat semula.
  6. Gosok noda-noda yang masih melekat dimanapun berada dengan tisu yang dibasahi cuka. Lakukan saat mesin masih hangat.
  7. Jangan menggarami noda-noda karat di dalam mesin cuci. Hal ini dapat merusak tabung.
  8. Karat yang menempel pda drum / tabung mesin cuci mengindikasikan bahwa ia telah rusak. Solusi satu-satunya adalah ganti dengan yang baru.
  9. Kunjungi toko hardware dan appliances untuk mengetahui produk-produk penghilang karat. Cari tahu merk mesin cuci kita, ikuti petunjuk penggunaannya.

Saat anda membersihkan mesin cuci, cek juga selang dan pipa. Dalam kondisi baik ataukah sudah rusak.