(Tulisan berikut ini merupakan pemikiran penulis. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Hanya sebagai sumbangan pemikiran saja.)

Memulai sebuah usaha

Memulai sebuah usaha tentu bukan sesuatu yang mudah. Perlu keberanian dan perencanaan matang serta evaluasi terus menerus. Agar usaha dapat berjalan dan tumbuh berkembang, maka langkah-langkah yang harus dilakukan meliputi: perencanaan, survei lapangan, pemanfaatan teknologi, pelaksanaan, dan evaluasi berkesinambungan. Dari kesemua hal-hal tersebut, hal terpenting adalah kontinuitas (menurut penulis).  Tentusaja tanpa maksud mengesampingkan hal-hal lain.

Hal pertama yang mutlak diperlukan adalah perencanaan. Tanpa perencanaan, maka usaha tersebut telah 75% gagal. Perencanaan yang buruk membuat resiko kegagalan sebesar 50%. Dengan perencanaan yang baik, maka sebuah usaha memiliki peluang berhasil 80% setelah mulai dilaksanakan. Sisanya adalah seberapa baik kita bekerja keras, memperbaiki diri dan terus berdoa. Tetap perhatikan 20% sisanya, karena bisa jadi justru hal tersebut yang menggagalkan langkah kita. Analisis tersebut didasarkan pada pengalaman penulis yang sampai saat ini terus berusaha mempertahankan wirausaha tetap berjalan.

Pentingnya Konsistensi

Menurut penulis, hal yang paling sulit dalam berwirausaha setelah memulainya adalah menjaga konsistensi usaha. Konsistensi tersebut terdiri dari konsistensi usaha menjaga kualitas, konsistensi usaha terus melakukan evaluasi, konsistensi usaha memperbaiki diri, dan konsistensi terus berdoa. Kesemuanya memerlukan motivasi yang harus terus ada. Bentuk motivasi itu sendiri boleh beruah, namun eksistensinya harus terus ada selama kita menjalankan sebuah usaha. Apapun jenis usahanya. Konsistensi tersebut dapat terus dijaga salah satunya dengan proposal usaha yang kita susun sebelum memulai sebuah usaha. Nah….karena menurut penulis proposal sebuah usaha sangat penting, maka sebelum memulai usaha, mulailah dengan perencanaan yang baik, kemudian konsistenlah dengan perbaikan atasnya. Saya doakan, semoga Anda berhasil mendirikan sebuah usaha dan menjalaninya dengan sukses.

Contoh proposal dapat didownload pada lokasi di bawah ini:

1.  Proposal warnet (ziddu). download juga: Konfigurasi LAN , Router, Jaringan

2.  Proposal rental komputer (ziddu).

NB: proposal tersebut baru berisi hal-hal pokok saja, silakan kembangkan sendiri sesuai kondisi di lokasi usaha.