Tag

, ,

Menulis adalah salah satu sarana untuk meningkatkan daya ingat. Sebagaimana pesan sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”. Pada kesempatan ini, saya ingin menulis tentang tugas pokok dan fungsi subbagian perencanaan di BKD Kota Salatiga. Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa perencanaan seringkali diabaikan oleh kita semua. Oleh sebab itu, dengan menulis tentang perencanaan, diharapkan penulis pribadi dapat selalu ingat tugas-tugas dalam bekerja. Tulisan ini berfungsi sebagai arsip pribadi dan tidak bertujuan mendeskreditkan pihak lain.

Uraian tugas subbagian perencanaan pada BKD Kota Salatiga tertuang dalam Perwali Kota Salatiga No. 55 Tahun 2011. Mulai Bab IV Perwali tersebut mengatur tentang lembaga yang bernama Badan Kepegawaian Daerah. Sedangkan subbagian Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan merupakan subbagian baru di Sekretariat. Sebelumnya ada tiga subbagian yaitu Umum, Kepegawaian dan Keuangan. Pada perwali ini subbagian Umum dan Kepegawaian digabung menjadi satu dan ditambah satu subbagian yaitu Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan. Untuk itulah, diperlukan penjelasan mengenai Tugas Pokok dan Fungsi subbagian ini.

Tugas pokok dan fungsi Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan antara lain adalah:

1. menyusun rencana kegiatan Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2. menyusun rencana kegiatan Badan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

3. menyiapkan bahan koordinasi perencanaan kegiatan dengan Bidang terkait agar diperoleh sinkronisasi dan kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan;

4. menyusun Rencana Strategis dan Penetapan Kinerja Tahunan Badan dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah agar tercapai visi dan misi Badan;

5. menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pengendalian Operasional Kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Badan;

6. menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai wujud pertanggungjawaban;

7. membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

8. membina dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

9. menilai prestasi kerja bawahan sebagai cerminan kinerja bawahan; dan

10. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Sepuluh point tugas pokok dan fungsi tersebut dapat dikelompokkan menjadi delapan agar lebih mudah diingat. Dalam bentuk gambar, tugas pokok dan fungsi tersebut akan lebih mudah diingat.

Gambar 1. Diagram Tupoksi Subbagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan