Klaim Persalinan Askes

askes
Sumber: http://www.anneahira.com

Kesehatan adalah aset paling berharga dalam hidup kita. Siapa saja tentu tidak ingin menderita sakit. Berapapun uang yang kita miliki tentu akan rela kita belanjakan untuk kesehatan tubuh kita. Termasuk di dalamnya jika persalinan telah dekat. Tentu keselamatan Ibu dan Anaknya menjadi prioritas. Sehingga adanya program ASKES merupakan angin segar bagi siapapun yang mampu memanfaatkannya. Walaupun ASKES menjamin pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pemeriksaan kehamilan dan persalinan sampai anak kedua hidup, sebagian orang lebih memilih layanan persalinan yang lebih dia percayai walaupun tidak dapat menggunakan layanan ASKES di tempat tersebut.
Untuk persalinan yang dilakukan di Pemberi Pelayanan Kesehatan yang tidak bekerjasama dengan PT ASKES, biaya persalinan dapat diajukan ke PT ASKES sebagai klaim perorangan. Dengan kata lain, jika persalinan anak Anda dilakukan di RSB tertentu yang tidak bekerjasama dengan PT ASKES, jangan khawatir, karena Anda dapat mengajukan klaim perorangan. Dengan demikian, dana ASKES yang telah anda bayarkan setiap bulan sebagai iuran dapat dinikmati oleh Anda dan Keluarga. Walaupun besarannya tidak 100%, namun bisa dibilang sangat membantu dalam kondisi-kondisi tertentu, misalnya saja jika terpaksa dilakukan operasi Caesar.
Syarat-syarat yang harus dipenuhi dan disiapkan untuk mengajukan klaim perorangan tersebut (khusus klaim persalinan) antara lain:
1. Fotokopi resume medis
2. Kwitansi asli (bermeterai) dengan perincian biaya dan obat
3. Fotokopi kartu peserta
4. Formulir pengajuan klaim
5. Fotokopi surat keterangan lahir/akte lahir
Fotokopi resume medis, kwitansi dan surat keterangan lahir bisa diperoleh dari Rumah Sakit Bersalin atau tempat pelayanan kesehatan yang melayani persalinan Anda. Sedangkan formulir pengajuan klaim dapat diminta di pusat pelayanan askes terdekat. PIhak yang akan mengisi formuliar adalah petugas Askes, kita hanya menyiapkan materai dan tanda tangan pada form yang bersangkutan, serta fotokopi beberapa surat pendukung.
Setelah semua persyaratan diserahkan ke pusat pelayanan askes, tinggal menunggu kurang lebih 2 minggu untuk pencairan dananya. Adapun besarnya klaim tergantung persetujuan dari ASKES. Sebagai gambaran, untuk biaya persalinan dengan operasi Caesar yang menelan dana 8 juta, klaim yang diluluskan sebesar 2.3 juta.

Iklan

3 Comments Add yours

  1. Abu Yaziid berkata:

    ko kecil baget yh, sy sdang klaim persalinan istri soalnya

  2. terus saya mo nanya, klo pd kasus yg menimpa calon istri saya bagaimana, lakalantas kemudian di bawa kerumah sakit yg tdk bekerja sama dengan askes, yg akhirnya di operasi dan rawat inap, menelan biaya puluhan juta, berapa persen askes bisa di klaim…? klo cuma di bawah 10 juta, sangat mengecewakan sekali..

  3. siti fathonah berkata:

    pelayanan rumkit pemerintah sering mengecewakan membuat beralih ke rumkit swasta,seharusnya jumlah yg ditanggung askes sma sja wlopun kita berobat dmna sja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s