Tag

, , ,

Membuat sebuah dokumen teks tanpa gambar apapun menjadikan dokumen tersebut tidak menarik sama sekali. Oleh sebab itu, kita seringkali menambahkan gambar pada dokumen tersebut agar tampil lebih menarik dan enak dibaca. Apalagi jika kita membuat dokumen yang menerangkan langkah-langkah keterampilan tertentu. Namun, pemberian gambar pada dokumen Ms. Word mengakibatkan ukuran file yang membengkak secara drastis. Agar dokumen kita tidak terlalu besar, supaya bisa didistribusikan melalui e-mail misalnya, terdapat beberapa langkah yang dapat kita lakukan di dalam Word. Dalam langkah tersebut, kita akan memanfaatkan fasilitas compress image yang ada di Ms. Word. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Klik gambar yang yang ingin di kompress,

2. Klik Menu Format, Pilih compress pictures pada Kelompok submenu Adjust (Word 2007), sesuaikan jika versi wordnya lain.

3. Kotak dialog compress picture akan muncul, klik Options.

4. Setelah itu lakukan pengaturan tentang kompresi dokumen Anda. Beri tanda centang pada Automatically perform basic compression on save dan Delete cropped areas of pictures. Pada Target output, klik pada e-mail …Akhiri dengan klik tombol OK.

5. Klik kembali pada tombol Ok

6. Kemudian simpan dokumen Anda dengan menekan tombol Save atau Ctrl + S.

7. Dokumen telah terkompresi. Tutup File, dan lihat perbedaan ukuran file Anda setelah melakukan langkah ini.
8. Alternatif lain, jika tidak ingin repot, anda dapat menggunakan bantuan software kompresi file Office yang banyak beredar di internet seperti: FILEminimizer Office, atau memasukkannya ke dalam file zip/rar dengan WinZip/WinRar. Adapula beberapa software kompresi seperti: IZArc, atau 7-Zip. Silahkan pilih yang paling sesuai dan yang Anda sukai. Masing-masing program memiliki kelebihan dan kekurangannya.