Tag

, ,

Pada tulisan sebelumnya, saya telah menulis tentang bagaimana caranya membuat buku dengan program pengolah kata Microsoft Office Word. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan solusi lain jika kita memiliki file berekstensi pdf dan ingin mencetaknya ke dalam format buku. Menurut hemat penulis, cara ini lebih mudah dibandingkan menggunakan Microsoft Word karena hanya memerlukan beberapa langkah saja.

Persiapan

Alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Komputer PC atau Laptop yang telah terinstal Program Adobe Reader (tentu saja bukan?) untuk kali ini penulis menggunakan adobe reader versi 11. Untuk versi lain, silahkan coba….
  • Printer untuk mencetak
  • File berekstensi .pdf. dengan halaman yang banyak. (jika halamannya Cuma 4 tidak akan terlihat kegunaan fasilitas ini).

Setelah itu lakukan langkah berikut.

  1. Langkah pertama (setelah komputer hidup… J) silahkan buka file pdf anda.
  2. Klik file, print (ctrl + P).
    file_print
  3. Kotak dialog Print akan tampil. Pada Page Sizing & Handling, Klik tombol Booklet.booklet
  4. Perhatikan pada gambar di atas. File contoh yang saya gunakan berjumlah 201 halaman. Setelah tombol Booklet diklik, pilihan Booklet subset akan otomatis menjadi Both sides, dan program akan mengkalkulasikan secara otomatis jumlah halaman kertas yang harus dipakai. Siapkan kertas sejumlah bilangan pada kotak to. Pada contoh ini saya akan menyiapkan 51 lembar kertas.
  5. Jika perlu, silahkan melakukan pengaturan jenis kertas, apakah A4 ataukah F4 dengan masuk ke bagian properties.
  6. Letakkan kertas ke printer
  7. Tekan tombol Print. Tunggu hingga seluruh kertas tercetak. Setelah itu akan muncul kotak petunjuk selanjutnya seperti berikut.follow these
  8. Balik kertas sesuai instruksi, letakkan ke printer, tekan tombol OK. Dan tunggu semua halaman tercetak. Yang perlu diingat adalah: Lakukan sesuai petunjuk, karena jika salah, maka walau cetakan selesai, hasilnya tidak akan sesuai harapan.

Demikian, semoga membantu dan bermanfaat.