Tag

, ,

Bekerja secara online merupakan sebuah tuntutan sekarang ini. Dengan bekerja secara online, pekerjaan dapat diselesaikan dimanapun. Bekerja tidak selalu harus di kantor. Dimanapun tempat kita berada, kapanpun kita bisa bekerja, menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Kemudian mengirimkan hasilnya melalui e-mail. Dengan demikian efektifitas dapat dicapai. Dan rutinitas lainnya dapat tetap terjaga. Hubungan dengan keluarga pun dapat tetap harmonis, karena di rumah, sambil menemani anak belajar, kita bisa menyelesaikan pekerjaan kantor tepat waktu.

Untuk mendukung aktivitas bekerja secara online, diperlukan dukungan internet dengan kecepatan yang memadai. Hal ini sudah bukan masalah lagi sekarang. Di Indonesia, provider berlomba-lomba untuk memberikan layanan data internet yang semakin cepat. Sedangkan perangkat yang mendukung sudah banyak di pasaran. Kita bisa menggunakan modem, telepon rumah, ataupun ponsel pintar dengan fasilitas 3G yang bisa di dapat dengan kisaran harga di bawah 2 juta. Selain jaringan internet, juga diperlukan perangkat keras mesin pintar seperti komputer, laptop, netbook, atau bahkan yang sekarang sedang tren, tablet. Sekarang ini, banyak tablet di pasaran yang kisaran harganya juga kurang dari 2 juta untuk mendukung aktivitas online.

Untuk masalah media penyimpanan online, sekarang juga telah banyak situs-situs yang menyediakan layanan penyimpanan yang cukup besar seperti Box dan Google Drive. Atau jika perusahaan telah memiliki server sendiri, kita dapat meng-upload file-file pekerjaan pada server tersebut. Banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut. Contohnya adalah filezilla.

Jika kita menggunakan layanan box, kita dapat melakukan mapping drive box ke komputer atau laptop. Sehingga dengan demikian, kita dapat menganggapnya sebagai salah satu drive di komputer kita dan memperlakukan aktivitas create-copy-paste-edit-delete dokumen-dokumen di dalamnya dengan mudah.

Jika kita menggunakan layanan google drive, kita dapat melakukan editing langsung dokumen-dokumen di dalmnya. Hasil editing dokumen tersebut biasanya otomatis diberi versi editingya sehingga memudahkan kita mengenali file-file asal dan hasil editing.

Jika kita mengupload dokumen kita pada server perusahaan/organisasi, kita dapat menggunakan perangkat lunak ftp client seperti filezilla. Untuk kasus ini, kita harus rajin-rajin upload dan download agar dokumen selalu update.

Demikian, semoga bermanfaat.