Ingin Meraih Beasiswa S2? Bacalah Tips Berikut! – Bagian 1

shutterstock_50570824_800_440_80_c1

Sumber: http://spunout.ie

Di dalam hidup ini, kita harus selalu belajar. Apapun profesi kita saat ini, kesadaran dan kemauan untuk terus belajar harus selalu dipupuk. Memang banyak orang yang mengatakan bahwa kuliah itu tidak begitu penting. Pada kenyataannya, kita dapat belajar di manapun dan kapanpun, tidak harus di kampus, namun kuliah mampu menumbuhkan kemampuan manusiawi kita. Beasiswa adalah salah satu cara untuk belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Tapi karena jalur beasiswa mengharuskan pelamar untuk melewati beberapa tahapan, maka penting bagi kita untuk mempersiapkan diri. Umumnya ada beberapa tes yang harus dilewati untuk beasiswa S2, seperti tes TPA dan TOEFL. Namun, sebelum TPA dan TOEFL, penting untuk memperhatikan hal-hal yang akan dijelaskan berikut. Alangkah baiknya jika satu tahun sebelumnya, semua hal yang akan diuraikan di bawah ini telah dimulai dilakukan.

Niat

graduate-school-marketing
Sumber: https://www.clearbrookinc.com

Hal ini memang terdengar klise. Tapi niat adalah hal fundamental dalam melakukan segala sesuatu. Ia seperti memberi visi atas apa yang kita lakukan. Jika niat kita memperoleh beasiswa adalah untuk keluar dari kewajiban, maka bisa jadi waktu hanya akan terbuang percuma, karena niatnya memang menghindari dari tugas. Dari pengalaman Penulis, niat seperti ini membuat kita tidak mampu memanfaatkan waktu secara maksimal untuk memperoleh ilmu.

Kapan kita sudah harus berniat demikian?

Sebaiknya paling tidak setahun sebelumnya sudah memulai niat tersebut. Ketika keinginan di hati untuk melanjutkan studi mulai muncul, tetapkan niat yang baik.

Lantas bagaimana hal tersebut jika sudah terlanjur? Saat sudah diterima dan menjalani hari-hari kuliah.

Seyogyanya sesegera mungkin “memperbarui niat” kita. Tetapkan tujuan yang lebih realistis dan lebih baik. Misalnya saja: menambah pengetahuan, relasi, dan pengalaman. Contoh lain, demi meningkatkan kualitas hidup. Atau untuk orang tua tercinta. Apapun itu, yang penting niat yang positif.

Latihan

unnamed
Sumber: https://play.google.com

Setelah niat positif ditetapkan, langkah selanjutnya adalah “practices”atau latihan. Bacalah latihan tes TPA dan TOEFL yang ada di internet. Bahkan kamu bisa mencari aplikasi tentang dua hal tersebut di playstore. Saya yakin jika kalian telah mulai membaca soal-soal TPA dan TOEFL setahun sebelumnya, maka tes TPA dan TOEFL akan mudah dilalui. Ada banyak pengalaman dari rekan-rekan penerima beasiswa yang mengatakan bahwa mereka hanya belajar dari internet.

Semakin sering membaca soal-soal tersebut, maka kemungkinan berhasil semakin besar. Jika belum pernah sama sekali membaca soal TPA dan TOEFL, maka kemungkinan besar akan terkejut saat ujian berlangsung.

Selain itu, carilah soal-soal test IELTS jika beasiswa yang menjadi target adalah beasiswa luar negeri dan mengharuskan penguasaan IELTS, contohnya saja beasiswa pusbindiklatren. Memang untuk institusi yang satu ini akan memberikan diklat khusus untuk kalian yang sudah lolos tes TPA dan TOEFL. Namun apabila di awal kalian sudah mempunyai “modal awal” IELTS, maka selanjutnya akan mudah dan menyenangkan.

Baca Paper Penelitian

reinforced-paper-275
Sumber: http://www.bindrite.com

Biasanya salah satu syarat memperoleh beasiswa S2 adalah judul tesis. Kalian harus sudah memiliki topik penelitian apa yang akan dilakukan. Oleh karena itu, mulailah membaca paper sesuai disiplin ilmu yang akan diambil. Dengan demikian, kalian akan menemukan topik penelitian yang menarik. Selain itu, akan terbiasa dengan artikel ilmiah yang berbahasa asing khususnya Inggris.

Jangan sungkan untuk membeli kamus bahasa Inggris agar memperlancar penguasaan bahasa Inggris kamu. Atau jika tidak, pasanglah aplikasi English Dictionary atau yang serupa di smartphone kalian.

Selama menunggu tes TPA dan atau TOEFL dilaksanakan untuk beasiswa terkait, penting sekali untuk mempelajari kembali mata kuliah yang nantinya akan dijalani. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah untuk kalian yang fresh graduate dari S1. Namun bagi yang sudah bekerja 5 atau 10 tahun akan cukup menjadi beban saat kuliah sudah dimulai. Hal ini karena umumnya mata kuliah yang dulu dipelajari tidak pernah dipakai di dunia kerja.

Saat ini banyak sekali laman web tentang online course. Kalian dapat memanfaatkannya untuk me-review kembali atau bahkan mencuri start dengan membaca mata kuliah yang nantinya akan dipelajari. Lebih bagus lagi jika bisa mendownload video kuliah online di youtube yang berbahasa. Bisa yang berbahasa Inggris atau Indonesia jika ada.

Menurut pengalaman penulis, video-video kuliah berbahasa Inggris dapat menambah penguasaan dan pemahaman mata kuliah yang nantinya akan dipelajari. Terkadang lebih memahamkan daripada membaca teks mata kuliah bersangkutan yang tentunya berbahasa Inggris. Selain itu bisa menambah skill berbahasa Inggris yang tentunya akan sangat dibutuhkan.

Menabung

1853otzwre196jpg
Sumber: https://lifehacker.com

Inilah mengapa butuh satu tahun mempersiapkan rencana kuliah. Walaupun namanya beasiswa, tidak mungkin dana beasiswa akan langsung cair saat kalian diterima dalam program tersebut. Oleh sebab itu, agar proses belajar nanti kalian tidak terganggu, sisihkan uang yang kalian punya dalam jangka waktu satu tahun untuk biaya hidup di awal waktu kuliah. Biasanya dana tersebut dicairkan setiap 3 atau 6 bulan sekali, tergantung kebijakan lembaga bersangkutan.

Jadi, menabunglah minimal sebanyak 6 bulan biaya hidup di daerah masing-masing perguruan tinggi target. Akan lebih baik lagi jika bisa menabung untuk satu tahun waktu perkuliahan nantinya.

Untuk menghitung berapa kalian harus menabung setiap bulan, carilah informasi berapa biaya hidup di daerah tersebut. Kalkulasikan biaya-biaya untuk kos perbulan, makanan dan minuman, internet, transportasi, dan termasuk hiburan. Bagi kalian yang memutuskan untuk kotrak rumah, carilah informasi harga kontrakan di tempat tersebut dan kalkulasikan biaya tambahan seperti listrik, air, kebersihan, dan keamanan.

Kurang lebih itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin mencari beasiswa pendidikan. Selamat bertemu kembali di artikel selanjutnya.

Iklan

2 Comments Add yours


  1. https://polldaddy.com/js/rating/rating.jsI like it

  2. Ahmad Mahdi berkata:

    Follback mas 🙏

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s