Beberapa Link Program Beasiswa yang Menarik

scholarship-563x350
Sumber: himt.ac.in

Mencari beasiswa bisa menjadi salah satu jawaban bagi orang-orang yang bercita-cita tinggi namun dengan keterbatasan biaya. Banyak sekali program beasiswa yang berasal baik dari pemerintah maupun swasta.

Berikut adalah sekelumit informasi mengenai link beasiswa yang dapat dikunjungi beserta informasi terkait dengannya. Mungkin saja dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Namun sebelumnya mohon maaf jika kebanyakan program beasiswa di bulan ini sudah terlewatkan jadwal pendaftarannya. Setidaknya, bisa sebagai tambahan wawasan.

1. Beasiswa LPDP

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Penerima Beasiswa adalah seluruh pemuda-pemudi yang berkewarganegaraan Indonesia yang memiliki prestasi akademis di jenjang pendidikan sebelumnya. Disamping itu, penerima beasiswajuga diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan dan mempunyai komitmen untuk berkontribusi bagi Indonesia.

Beasiswa LPDP berlaku untuk jenjang pendidikan S2 ke atas yang meliputi beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran, dan Presidential Scholarship. Beasiswa ini mempunyai beberapa bidang fokus seperti teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.

Setiap tahunnya LPDP membuka empat kali gelombang pendaftaran yakni di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Semua proses pendaftaran dapat dilakukan secara gratis lewat situs LPDP di http://www.beasiswa.lpdp.depkeu.go.id/.

2. Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Selain dari LPDP, ada juga beasiswa unggulan yang merupakan program kemdikbud. Beasiwa Unggulan memiliki beberapa sub-program antara lain

Beasiswa Masyarkat Berprestasi
Program ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat, baik yang tengah studi di S1 dan S2 maupun yang berniat untuk studi S1 dan S2. Syarat dan ketentuannya bisa dicek di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/beasiswa/beasiswa-masyarakat-berprestasi.

Beasiswa Nusantara Cerdas
Program beasiswa ini merupakan pemberian beasiswa oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui beasiswa bersama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar, terpencil) Indonesia khusus Jenjang S1.

Jadi bagi kalian yang memenuhi syarat yang sesuai pada laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/beasiswa/beasiswa-nusantara-cerdas, bisa mencoba mendaftarkan diri.

Beasiswa Pegawai Kemendikbud
Selain memberikan beasiswa bagi masyarakat umum, kemendikbud juga mempunyai program beasiswa bagi pegawainya. Program ini merupakan wujud pengembangan kompetensi mereka. Pengembangan kompetensi dilakukan dengan memberikan kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi didalam maupun diluar negeri atau pelatihan di luar negeri (short course).

Bagi kalian yang adalah pegawai negeri sipil di bawah Kemendikbud bisa cek link https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/beasiswa/beasiswa-pegawai-kemendikbud.
Sebenarnya masih ada satu lagi program beasiswa dari lembaga ini, yaitu Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing. Namun sepertinya tidak relevan dibahas disini.

3. Beasiswa Belanda

Bagi yang tertarik belajar di Belanda bisa mencoba mengikuti seleksi beberapa program beasiswa ke Belanda. Beberapa informasi program seperti Orange Tulips Scholarship (OTS), Holland Scholarship, dan lain sebagainya bisa diakses di http://www.nesoindonesia.or.id.

4. Beasiswa Budi untuk Dosen

Bagi para dosen yang ingin studi lanjut bisa cek di http://budi.ristekdikti.go.id/web/. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) merupakan sinergi antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Dosen di Indonesia. Sinergi ini menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia tersedia untuk Dosen Perguruan Tinggi dibawah pembinaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk menempuh pendidikan Doktor. Para dosen bisa memilih untuk studi di dalam negeri atau di luar negeri.

5. Beasiswa Pusbindiklatren

Terakhir, tapi tentu saja bukan yang paling akhir adalah beasiswa dari pusbindiklatren. Merupakan program beasiswa khusus para pegawai negeri sipil untuk meningkatkan kompetensi mereka di jenjang pendidikan S2 dan S3.

Bagi kalian yang merupakan pegawai negeri sipil bisa mengakses laman http://pusbindiklatren.bappenas.go.id/beasiswa-gelar.html untuk mencari informasi mengenai beasiswa gelar yang ditawarkan.

Pastinya bukan hanya itu saja beasiswa yang ada di Indonesia. Banyak sekali link dan alamat website yang memberikan informasi mengenai program beasiswa. Kalian hanya butuh sedikit waktu dan ketekunan saja untuk browsing di internet untuk menemukan informasinya.

Selain itu, masing-masing universitas dan perguruan tinggi juga memiliki program beasiswa mereka masing-masing dengan persyaratan tertentu. Bagi kalian yang sedang menjalani studi baik di S1 maupun di S2, ada baiknya cek lebih dulu program beasiswa di universitas kalian. Siapa tahu ada yang menarik.

Demikian, sedikit informasi mengenai beberapa link website yang memberikan program beasiswa. Namun mohon maaf sekali lagi jika kemungkinan deadline-nya sudah terlewati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s