Rukun Iman

Rukun Iman

[download full artikel]

Iman adalah keyakinan dalam hati, yang diucapkan dengan lisan dan dimanifestasikan melalui perbuatan.

Dalam Islam, terdapat lima pilar Iman (lima rukun Iman) yaitu; Iman kepada Allah, Iman Kepada Rasululloh, Iman kepada Kitab-Kitab Allah, Iman kepada Yang Ghaib, Iman kepada Hari akhir, Iman kepada Qodlo dan Qodarnya.

Untuk menjadi seorang muslim atau muslimah yang kamil (sempurna), kita harus memahami tentang rukun Iman berikut dalil-dalilnya. Dengan mengetahui dalil-dalil tersebut, insyaallah keimanan kita akan bertambah.

Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah berarti meyakini bahwa Allah benar-benar ada, dialah sang maha pencipta, Tuhan sekalian alam yang wajib disembah, tempat meminta pertolongan dan tempat kita kembali. 

Iman Kepada Malaikat Allah

Kewajiban beriman kepada malaikat Allah berarti bahwa Allah benar-benar telah menciptakan malaikat, yang termasuk hal ghaib, dengan tugas masing-masing. Malaikat tidak makan dan tidak minum, malaikat tidak memiliki nafsu, malaikat hanya patuh kepada perintah Allah, tanpa membantah. Mustahil bagi malaikat membantah perintah-perintah Allah.

Iman Kepada kitab Allah

Iman kepada kitab Allah, berarti megimani, meyakini bahwa Allah benar-benar menurunkan kitab sebagai pedoman kepada para utusannya. Kitab-Kitab itu antara lain, Zabur, Taurat, Injil, dan al Qur’an. Selain kitab-kitab itu, Allah juga menurunkan lembaran-lembaran berisi syariat pada jaman Nabi tertentu yang disebut dengan shuhuf.

Iman Kepada Rasul Allah

Allah menciptakan manusi dari dulu hingga sekarang adalah agar manusia mau mengabdi dan mengikuti ajaranNya. Untuk menurunkan ajaran-ajaanNya kepada manusia, Allah mengangkat seorang pilihan untuk dijadikan Nabi atau Rasul, yang bertugas menyampaikan ajaran-ajaranAllah kepada umat manusia. Oleh karena itu, semenjak kehidupan manusia terdahulu, Allah telah menurunkan beberapa aorang utusan ke permukaan bumi sebagai nabi atau rasul.

Setiap umat wajib meyakini kebenarannya sepenuh hati bahwa Allah pernah mengutus beberapa rasul untuk menyampaikan ajaran-ajaranNya kepada umat manusia. Jumlah nabi itu sangat banyak, namun yang wajib kita ketahui ada 25 orang yang eisebutkan dalam alQur’an.

Iman Kepada Hari Akhir

Hari akhir adalah hari penghabisan dimana dunia beserta isinya termasuk manusia, hewan, dan lain-lain akan dimusnahkan semua. Peristiwa-peristiwa yang trjadi menjelang hari akhir itu ditandai dengan adanya peristiwa alam yang maha dahsyat yang menghancurkan semua isi jagad raya. Berganti dengan kehidupan akhirat yang kekal abadi.

Peristiwa hari akhir bersifat ghaib, tidak ada yang tahu kapan terjadinya kecuali Allah SWT.

Iman Kepada Qodho dan QodarAllah

Setiap makhluk di dunia ini termasuk manusia akan mengalami takdir yang berbeda. Takdir sering diistilahkan dengan nasib. Hal ini karena sudah ditentukan oleh Allah SWT (berupa Qadha) sejak zaman azali, yaitu ketika manusia belum diciptakan.

Allah menetapkan nasib masing-masing manusia dengan serapi-rapinya sesuai dengan bentuk, bakat dan ukurannya masing-masing.

Qadha Allah SWT terhadap semua makhlukNya bersifat rahasia, manusia Walau memiliki akal dan kemampuan untuk berusaha, tetapi tidak akan dapat menentukan nasibnya sendiri secara pasti. Karena, hanya Allah yang tahu dan dapat menentukan nasib manusia secara jelas dan pasti . manusia hanya berusaha, sedangkan Hasilnya ditangan kekuasaan Allah SWT. Manusia harus meyakini kebenaran bahwa semua kehidupan makluk sudah ada yang mengatur dan menentukan yaitu Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s