Memiliki komputer tanpa adanya printer serasa urang lengkap. Kita tidak dapat membuat hardcopy atas apa yang telah kita buat. Namun jika printer yang kita miliki berhenti bekerja lebih menjengkelkan lagi. Apalagi jika baru dibeli beberapa bulan. JIka kita tidak tahu tentang apa yang terjadi, kita akan langsung membawanya ke servis center. Padahal, jika kita tahu, terkadang kita sendiri bisa memperbaikinya. Salah satu contohnya adalah Printer Canon IP1880. Printer jenis ini akan berhenti bekerja jika catridge habis dan diisi ulang. Memang tidak serta merta langsung berhenti setelah diisi ulang dengan tinta refill. Namun jika suatu saat hal itu terjadi dan printer kita tidak bekerja dengan layak, kita dapat dibuat pusing olehnya.

Tulisan ini berasal dari sumber yang aku peroleh dari Internet. Karena pernah menemukan permasalah mengenai topik terkait. IP1880 yang berhenti bekerja dan lampu indikator resetnya menyala 4 kali dan lambu power 1 kali secara bergantian dapat diselesaikan dengan langkah berikut:

1. Hidupkan Power Pinter (tekan tombol Power)

2. Tekan tombol reset (kurang lebih selama 2 menit)

Dengan melakukan langkah tersebut, printer akan kembali bekerja. Untuk download software resetternya di sini . JIka ada yang memiliki cara lain atau mengoreksi cara tersebut, mohon komentarnya.

Cara yang lebih lengkap dapat dilihat juga di Maz Yoyok.

Terima Kasih