Menginstal ulang komputer merupakan solusi termudah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan komputer seputur virus. Dengan format Ulang, maka otomatis semua virus di drive C:\ yang semula menginfeksi komputer akan lenyap dan komputer bersih seperti sediakala. Namun resikonya adalah kita harus menata ulang sistem komputer kita dari awal, termasuk driver-driver penting yang harus disiapkan sebelum melakukan instal ulang. Umumnya yang menjadi masalah bagi komputer desktop adalah driver vga dan soundcard jika keduanya onboard. Untuk itu, sebelum menginstal ulang PC, sebaiknya catat dulu perangkat-perangkat komputer yang sekiranya memerlukan driver penting, seperti vga, soundcard, LAN, USB dll. Umumnya dengan membuka casing, seorang teknisi akan segera tahu driver apa yang harus dia siapkan untuk perangkat-perangkat tersebut. Namun bagi orang awam, hal tersebut dapat menyulitkan karena kode-kode pada chipset yang tertanam di mainboard akan sangat membingungkan. Untuk itulah, keberadaan software seperti CPU-Z sangat penting untuk mengetahui hardware di dalam CPU yang kita miliki. Anda dapat membaca deskripsi mengenai software ini di http://www.cpuid.com/cpuz.php atau langsung mendownload cpu-z-143.zip (515.15 KB) untuk mengetahui VGA, SoundCard dalam CPU anda. Caranya sangat mudah, download file-nya, extract ke directori yang anda tentukan. Doubleclick file cpuz.exe. Tidak perlu instalasi.

Salah satu mainboard yang memerlukan driver vga dan soundcard adalah mainboard gibagyte. Mainboard ini menggunakan Socket 478 mPGA Maka, untuk orang yang awam dalam hal komputer, disarankan untuk selalu meminta driver mainboard jika membeli komputer dengan vga dan soundcard tertanam dalam papan induk (onboard). Karena jika tidak, suatu saat dapat menyulitkan pemilik komputer tersebut jika terpaksa melakukan instal ulang komputer.

Bagi pemilik Mainboard Gigabyte 8I845GE-RZ juga akan mengalami kendala jika tidak menyimpan driver vga dan soundcardnya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mendownload langsung di situs resminya jika driver bawaan hilang. Sedikit deskripsi tentang motherboard Gibabyte 8I845GE-RZ adalah seperti di bawah ini:

1. Supports 533MHz Intel® Pentium® 4 processor
2. Supports high efficiency DDR333 memory
3. Features Intel® Extreme Graphics Engine
4. Integrated 10/100 Ethernet connection
5. Integrated high quality 6-channel AC’97 audio

Northbridge Intel i845GE rev. B1
Southbridge Intel 82801DB (ICH4) rev. 02
Memory Type DDR

Mainboard Model 8I845GERZ (0x25A – 0x2919D20)

ITE IT87 hardware monitor

Bagi yang memiliki spesifikasi motherboard seperti di atas, dapat mendownload driver audionya di sini

atau ini

dan driver vganya di sini

driver-driver tersebut khusus untuk sistem operasi Windows XP. Sedangkan untuk sistem operasi yang lain, anda dapat mengunjungi halaman ini.