Tag

,

Boneka Jari

Gambar Boneka jari

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam. Ada beberapa pendapat mengenai pengertian Al Quran. “Al Qur’an menurut pendapat yang paling kuat artinya bacaan. Yang berasal dari fi’il madhi qara’a. Adapun kata Al Qur’an itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru’ (dibaca)” (Al Shalih, 1971:15). Di dalam Al Qur’an sendiri terdapat kata Qur’an  sebagaimana  dalam  firman Allah SWT Q.S Al Qiyama Ayat 17-18 yang berbunyi:

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (١٧)فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (١٨)

 

Artinya :Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.

Pembelajaran membaca al-Qur’an di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sangat penting sebagai dasar membentuk pribadi muslim di tingkat pendidikan selanjutnya. Pembelajaran pada tingkat ini harus dilakukan dengan perencanaan yang cermat dan memperhatikan aspek perkembangan anak. Anak usia TK cenderung senang untuk bermain sehingga metode dan media pengajaran yang tepat adalah media yang memfasilitasi anak untuk bermain sambil belajar.

Salah satu metode pembelajaran yang cukup menarik yang pernah penulis dengar adalah boneka jari. Dengan membuat boneka kecil seukuran jari sarung tangan yang dapat dimasukkan ke jari-jari, guru dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan minat belajar siswa. Apabila siswa telah berminat mempelajari huruf hijaiyyah, maka kemungkinan besar siswa akan berhasil membaca al-Qur’an.

Download Full Pdf

Download Full doc