Tag

, ,

Penggunaan layanan penyimpanan online saat ini begitu marak. Salah satunya adalah box. Box menyediakan 50 GB gratis untuk layanan gratisnya. Layanan ini dapat digunakan dengan cara kolaboriasi ataupun berbagi link. Kolaborasi mensyaratkan agar pihak kedua juga memiliki akun box. Dengan cara ini, orang lain dapat melihat folder tertentu dan memonitor pembaruan datanya. Berbagi link adalah cara paling cepat dan mudah untuk berbagi file dengan orang lain. Namun dengan berbagi link, orang lain hanya memiliki akses “read only” terhadap file tersebut.

Box juga mendukung WebDAV. Fasilitas ini mengijinkan pengguna box untuk melakukan “mapping drive” ke komputer pribadinya. Dengan demikian, manajemen file menjadi lebih mudah. Pada dasarnya, teknik mapping drive pada box ini adalah dengan mengakses url server di: https://dav.box.com/dav, kemudian login dengan username dan password akun box.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan mapping drive tersebut pada Windows 7:

Buka windows explorer

Klik kanan My Computer, Pilih Map network drive…

01

Setelah itu jendela Map network drive terbuka, ketikkan alamat server (tanpa tanda petik) “https://dav.box.com/dav” pada kotak folder. Silahkan pilih Drive Letter yang disukai pada kotak Drive. Beri centang pada Reconnect at logon jika menginginkan komputer mencoba koneksi otomatis saat komputer hidup.

2. What NetworkKotak dialog percobaan koneksi akan terbuka.

3. Attempting to..

Kotak dialog Windows Security akan terbuka. Isikan username dan password sesuai akun anda di box. Centang remember my credentials jika anda ingin agar komputer mengingatnya.

4. Connet to...

Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan.

5. Attempting to....Jika berhasil, maka pada explorer akan ditampilkan drive tambahan seperti contoh di bawah ini. Pada kasus ini, penulis memilih drive letter “Y”.

6. dav folder

Demikian, semoga bermanfaat.