Ingin Meraih Beasiswa? Bacalah Tips Berikut! – Bagian 2

college-graduation
Sumber: http://opelikaobserver.com

Tulisan ini masih bagian dari tulisan sebelumnya mengenai mengejar beasiswa. Berangkat dari pengalaman pribadi, siapa tahu bermanfaat. Sebenarnya lebih banyak share yang awalnya dari kesulitan yang dihadapi sih… tapi semoga teman-teman yang lain tidak mengelami kesulitan yang sama.

OK. Langsung saja. Inilah beberapa hal yang tidak hanya sebelum memperoleh beasiswa, tapi sesudahnya juga harus selalu diperhatikan.

Terus Latihlah Ilmu yang Telah Kamu Dapat

Masalah yang satu ini baru terasa sekali setelah beasiswa di tangan. Mengambil beasiswa S2 di bidang yang walaupun satu jalur dengan pendidikan S1 tetap saja tantangan tersendiri. Dalam kasusku, aku memilih menapaki dunia ekonomi. Dan luar biasa struggle-nya menempuh S2 walaupun masih di jalur yang sama.

Pengalaman itu mengajarkan bahwa walaupun kita sudah berhasil memperoleh sebuah ilmu, namun bila tidak pernah diasah akan tumpul. Saat waktunya harus lebih mendalami ilmu yang sama, terpaksa harus kembali dulu ke basic.

Akan lain cerita jika dulu selepas kuliah dan mendapat pekerjaan, ilmu ekonomi yang kuperoleh terus kuasah. Toh, walaupun pekerjaan tidak selalu menggunakan teorema dan rumus-rumus di kuliah, fenomena ekonomi selalu saja menjadi masalah yang harus dipecahkan. Masalah-masalah makroekonomi seperti inflasi, suku bunga, pengangguran, kemiskinan selalu ada dalam berita. Tapi ya, sudahlah, nasi sudah jadi bubur.

Berangkat dari pengalaman itu, sebuah kesimpulan dapat ditarik. Selalu latihlah ilmu yang telah kita dapat! Kita tidak pernah tahu, kapan ilmu itu akan berguna nantinya. Toh, meluangkan waktu 60 menit sudah cukup untuk melatihnya.

Padahal untuk ekonomi, semua latihan soal justru telah disuguhkan di kehidupan nyata. Lihat saja berita televisi, semua permasalahan menunggu untuk dipecahkan, dianalisis dan disimpulkan. Jika demikian, kita akan menjadi pribadi intelektual yang benar-benar layak menyandang label sarjana.

Jika nantinya keinginan untuk lanjut kuliah dikabulkan oleh Tuhan YME, tentunya tidak akan sesulit jika harus memulai semuanya lagi dari NOL.

Pelajari Bahasa Inggris

Bahasa Inggris, tidak bisa dipungkiri bahwa untuk level pendidikan yang lebih tinggi sangat penting. Hal ini karena teks-teks perkuliahan pada jenjang ini semuanya menggunakan bahasa Inggris.

Masalah yang tampaknya dihadapi oleh dunia pendidikan di negeri ini adalah kurangnya buku-buku terjemahan. Sehingga untuk bisa memahami ilmu pengetahuan harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu.

Untuk yang satu ini, tidak ada cara lain kecuali menguasai bahasa Inggris. Karena buku-buku teks yang digunakan dalam pembelajaran berbahasa Inggris. Bagaimana tidak, jika buku yang digunakan seperti Macroeconomics-nya Mankiw, Microeconomics-nya Varian, Mathematics-nya Hoy, Statistics-nya Lind, dan entah berapa banyak lagi buku-buku serupa untuk disiplin ilmu yang lain. Bahasa akan menjadi barrier pertama yang harus diatasi.

Pada taraf ini, mempelajari bahasa Inggris bukan berarti tidak bangga akan bahasa Indonesia. Bahasa Persatuan tetap di hati, namun karena tidak ada cara lain untuk bisa memperoleh ilmu yang dibutuhkan kecuali dengan memahami Bahasa Inggris, ya bagaimana lagi?

Mungkin cara paling mudah untuk mulai menguasai Bahasa Inggris adalah melalui apa yang kita suka. Bagi yang suka musik, dengarkan dan coba pahami lirik lagu yang disukai. Bagi yang suka film, tontonlah film-film berbahasa Inggris tanpa subtitel berbahasa Indonesia. Tanam program Dictionary di smartphone, cari kata-kata yang belum diketahui maknanya.

Bagi yang suka membaca, mulailah baca novel berbahasa Inggris, Harry Potter misalnya. Atau jika tidak terlalu suka fiksi, bacalah surat kabar berbahasa Inggris, tidak perlu beli, sekarang ini aplikasi news telah banyak di Playstore.

Nah, untuk yang suka bicara, mengungkapkan pendapat, mungkin perlu mencari teman yang cocok untuk bicara dalam bahasa Inggris.

Itu beberapa tips untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Karena mau tidak mau, penguasaan bahasa Inggris penting di dunia kuliah saat ini. Mulai dari buku-buku teksnya yang berbahasa Inggris. Penyampaian materi, dosen dengan menggunakan bahasa Inggris. Hingga ujian yang juga menggunakan bahasa Inggris.

Untuk tulisan selanjutnya, hmmm….mungkin tentang beberapa informasi beasiswa yang ada di internet. Stay Tuned ya….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s