Tag

, ,

Di Bawah ini ada beberapa jurus-jurus praktis untuk membaca menyenangkan:

Buat afirmasi positif tentang membaca

Bagi yang visual maka tulislah, dan bagi yang auditorial katakanlah: bahwa membaca adalah mudah dan lakukanlah berulang-ulang dan rutin. Apabila sudah dilakukan secara rutin maka akan menembus otak bawah sadar anda dan perlahan tapi pasti akan membentuk anda menjadi seorang yang senang membaca dikarenakan membaca itu memang mudah.

Pilih suasana yang tepat

Diusahakan baik suasana internal maupun lingkungan memungkinkan anda pada kondisi otak alfa yaitu kondisi dimana anda sedang rileks dan siap menerima informasi.

Pilih buku yang menarik untuk dibaca

Karena ketika diawal otak menerima sesuatu yang menarik, maka otak akan langsung menerima, ketika otak telah menerima, maka otak akan berfungsi secara maksimal.

Lakukan scanning

Melakukan scanning yaitu membuka buku lembar demi lembar dengan cepat, lihat dan perhatikan hal-hal yang menarik di halaman-halaman tersebut. Judul, sub judul, kata yang dicetak miring atau tebal, gambar grafik maupun warna. Melakukan scanning dengan tujuan untuk mengetahui secara sekilas dan secara global tentang isi buku.

 Jadilah pembaca aktif

Membuat pertanyaan dari hasil setelah melakukan scanning tadi dan kemudian disaat membaca, bersikaplah seakan-akan mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dibuat tadi dengan demikian maka akan menjadi pembaca yang aktif.

Bacalah lebih cepat dari biasanya
Berhentilah sejenak

Otak mempunyai batas waktu untuk bisa menyerap informasi secara maksimal menurut penelitian batas tersebut adalah 20 menit setelah itu kemampuan menyerapnya akan menurun, maka dalam membaca berilah waktu sejenak bagi otak untuk istirahat sehingga segar kembali.

Semoga bermanfaat, Amiiin.

Download dalam pdf

Download dalam doc