Tag

, , , , ,

Seringkali kita membutuhkan sebuah rumus di dalam excel untuk menghitung total.  Terkadang untuk mengetahui nilai total hanya membutuhkan perhitungan yang sederhana. Perhatikan tabel berikut:

contoh

Rumus untuk total:

(Sel E2)=C2*D2

(Sel E3)=C3*D3

(Sel E4)=C4*D4

…dst

Namun bagaimana jika pada kolom “Satuan” isinya bukan hanya angka tetapi juga mengandung teks. Lihat tabel berikut:

Tabel Kosong

Pada tabel di atas, kolom “TotalHrg” tidak bisa kita isi dengan rumus perkalian sederhana. Hal tersebut karena kolom “JmlBrg” berisi data teks (angka+huruf=teks). Jika kita memaksakannya, maka hasilnya adalah nilai “#VALUE!”. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, kita dapat menggunakan fungsi IF, LEFT, dan FIND.

Fungsi LEFT

fungsi left

Berfungsi mengambil “n” karakter dari kiri. Nilai “n” ini ditentukan oleh kita, yaitu dengan memasukkan angka pada [num_chars]. Contoh:

=LEFT(C2;1)

Penggunaan rumus tersebut menghasilkan nilai “1”. Tapi tentu saja jika rumus tersebut dikopi ke sel di bawahnya, hasilnya menjadi tidak tepat.  Hal ini karena bervariasinya jumlah karakter yang ingin kita ambil dari kiri (1, 2,…). Tentunya akan tidak efektif jika kita mengganti nilai [num_chars] secara manual bukan? Untuk itu, kita dapat membuat otomatisasi untuk mengganti nilai tersebut. Yaitu menggunakan FIND.

Fungsi FIND

rumus find

Mencari starting point/posisi awal karakter yang kita inginkan di dalam sebuah teks. Misalnya, untuk mencari starting point dari karakter spasi,

=FIND(“ “;C2)

Hasilnya adalah 2

=FIND(“ “;C4)

Hasilnya adalah 3

Gabungan LEFT dan FIND

Hasil dari gabungan fungsi LEFT dan FIND adalah sebagai berikut:

=LEFT(C2;FIND(” “;C2)-1)*D2

Mengapa harus dikurangi 1? Hal ini karena kita ingin mencari jumlah karakter untuk “angka” saja. Sedangkan fungsi FIND di atas menemukan Posisi awal untuk karakter “spasi”, yaitu karakter setelah angka. Jika benar, maka hasilnya akan tampak seperti ini:

Tabel barang 2

Kolom HrgSatuan pada baris D8 masih belum diisi, oleh karena itu hasil yang tampil pada E8 adalah 0. Jika anda ingin menghilangkan nilai 0 tersebut (biar bersih aja…hehehe…), Kita dapat menggunakan fungsi IF.

Fungsi IF

Fungsi IF

Untuk menampilkan hasil tertentu sesuai dengan kriteria yang kita tentukan (jika benar atau salah). Untuk kasus ini, kita akan menampilkan karakteri kosong jika kolom HrgSatuan kosong.

=IF(D2=””;””;LEFT(C2;FIND(” “;C2)-1)*D2)

Rumus IF tersebut maksudnya: “Jika sel D2 belum terisi, maka sel E2 juga tidak diisi, namun jika sel D2 diisi, maka kalikan nilai di D2 dengan n karakter sebelah kiri sebelum spasi pada C2.”

Hasilnya akan seperti berikut ini:

Tabel Terisi

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Semoga bermanfaat.